Identitas

Narasi Profil Sekolah

Berdirinya SMA Negeri 4 Kota Tangerang Selatan atas inisiatif para tokoh masyarakat di komplek PERTAMINA  Pd. Ranji Ciputat dengan alasan bahwa banyak sekali anak-anak di wilayah komplek Pertamina yang akan melanjutkan ke SMA Negeri terlalu jauh.

Atas dasar pertimbangan tersebut para tokoh masyarakat mengusulkan ke Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (DEPDIKBUD) propinsi Jawa Barat Bandung  saat itu , untuk mendirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri. Namun pihak DEPDIKBUD beralasan bahwa berdasarkan peraturan yang ada disetiap kecamatan hanya ada satu SMA berstatus negeri, sementara itu di wiayah Ciputat sudah ada SMA Negeri 1 Ciputat, sehingga permohonan tersebut ditolak sampai dua kali.

Permohonan yang ke-tiga Kanwil Depdikbud Propinsi Jawa Barat memberikan ijin dengan syarat harus disediakan lahan untuk pendirian SMA  Untuk merespon ijin tersebut para tokoh masyarakat komplek Pertamina Pondok Ranji Ciputat mengajukan permohonan ke Pertamina Pusat.

Pada tanggal 10 Januari 1992 pihak Pertamina Pusat menghibahkan tanah seluas 2 Ha ke Depdikbud propinsi Jawa Barat dengan alokasi tanah 6000m2 untuk SMP Negeri 4 Ciputat , 8000 m2 untuk SMA Negeri 2 Ciputat dan 6000 m2 untuk mess guru.

Tahun pelajaran 1993/1994 atas nama SMA Negeri 1 Ciputat dipersiapkan untuk SMA Negeri 2 Ciputat penerimaan Siswa baru sebanyak 9 kelas dengan catatan  3 kelas dipersiapkan untuk SMA Negeri 2 Ciputat yaitu kelas I-7, I-8 dan kelas I-9 yang berdomisili sementara di SMA Negeri 1 Ciputat. Seiring dengan penerimaan siswa baru tersebut, dibangun pula gedung SMA negeri 2 Ciputat yang berdomisili diatas lahan tanah hibah dari Pertamina di Komplek Pertamina Kelurahan Pondok Ranji Ciputat, yang terdiri dari 6 ruang kelas, Ruang kepala Sekolah, ruang Guru serta ruang Tata Usaha (TU).

Tahun pelajaran 1994/1995 siswa SMA Negeri 2 Ciputat sudah dapat menempati gedung baru bersamaan dengan penerimaan siswa baru angkatan tahun 1994/1995. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Mendikbud Nomor: 0260/0/1994 tanggal 5 Oktober 1994, tentang Penegerian dan pembukaan SMA Negeri 2 Ciputat. Oleh karena tanggal 5 Oktober kita peringati sebagai hari jadi SMA Negeri 2 Ciputat.

Pada tahun 2009 Kabupaten Tangerang membentuk Kota Tangerang Selatan di mana SMA Negeri 2 Ciputat berada di wilayah tersebut. Seiring dengan berdirinya Kota Tangerang Selatan mengakibatkan terjadinya penyerahan asset-aset dari Kabupaten Tangerang ke Kota Tangerang Selatan, termasuk SMA Negeri 2 Ciputat yang berubah nama menjadi SMA negeri 4 Kota Tangerang Selatan dengan Peraturan Walikota Tangerang Selatan Nomor: 10 Tahun 2009 tertanggal 25 Mei 2009.